18 Maret 2013

Kemah Orang Muda Lintas Agama

 
Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) Kota Surabaya akan menggelar kegiatan Kemah Orang Muda Lintas Agama. Kegiatan ini akan berlangsung pada 22-24 Maret 2013 di Royal Camp, Trawas. Kegiatan ini dipilih agar setiap eleman warga dari masing-masing agama menjalin kebersamaan serta relasi, sebagai satu saudara.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan dialog. Tahun lalu, FKBU Kota Surabaya mengadakan Dialog Perempuan Lintas Agama. Kegiatan tersebut melibatkan kaum perempuan lintas agama, membahas isu-isu perempuan dan diadakan secara bergiliran di tempat masing-masing agama. Kegiatan kali ini mengambil sasaran orang muda. Selain merupakan tahap awal untuk mengakrabkan orang muda, juga untuk melihat sejauh mana animo orang muda lintas agama jika berjumpa sebagai satu saudara. Jika hasilnya positif maka FKUB Kota Surabaya akan mendukung dengan kegiatan lain di tahun mendatang.

Tujuan kegiatan ini ialah mengajak mereka saling mengenal. Dari situ bisa terlihat indikator untuk menjaring orang muda untuk terlibat dalam kegiatan lintas agama. FKUB akan mendorong munculnya ide orang muda dalam merancang kegiatan selanjutnya. Harapannya mereka memiliki kesadaran bersaudara sebagai orang muda, walau berbeda agama.

Peserta kegiatan ini ialah perwakilan masing masing agama, dengan total peserta sebanyak 60 orang. Orang Muda Katolik diberi tempat 8 peserta, selebihnya dibagi dari agama-agama lain. Mereka terdiri dari 3 pria dan 5 perempuan, usia 18-25 tahun.

Rm Kholik Kurniadi mengatakan, sampai saat ini atusiasme orang muda cukup baik. Semua peserta sudah mendaftarkan diri. Demikian pula tim pelaksana, seluruh pengurus FKUB Kota Surabaya terlibat. Sedangkan pelaksanaan kegiatan didukung oleh Tim Outbond dari pihak Royal Camp. (KHL).