12 April 2010

CU Cipta Mandiri Berdiri Di Sidoarjo




Pada tanggal 4 April 2010, dibuka pelayanan Credit Union (CU) yang dirintis oleh Seksi Sosial Paroki St. Maria Annuntiata, Sidoarjo. CU ini sepenuhnya didukung oleh Dewan Pastoral Paroki dan Pastor Paroki St. Maria Annuntiata, Sidoarjo. Secara struktural CU berada di bawah reksa pastoral Paroki St. Maria Annuntiata karena wadah ini merupakan salah satu bentuk pelayanan sosial yang bersifat eksternal. Namun secara manajerial, CU berdiri sendiri dan mandiri di luar struktur DPP.

CU yang bernama Cipta Mandiri ini, memiliki harapan agar siapapun yang bergabung dalam CU termotivasi dan mampu menciptakan kemandirian dalam hidupnya dan mampu membantu dirinya sendiri untuk mengatasi keterbatasan, supaya menikmati kesejahteraan. Lokasi CU berada di eks Sekolah Dasar Katolik (SDK) Untung Suropati I milik Yayasan Yohanes Gabriel Keuskupan Surabaya yang berada di Jalan Kartini III / 11A, Sidoarjo.

Ketika ditanya tentang mengapa CU ini berdiri, Rm. Nyoto Basuki, Pr selaku moderator bidang sosial DPP mengatakan bahwa dalam kehidupan masyarakat di daerah sekitar gereja banyak yang tidak terjamin kesejahteraan hidupnya. Mereka berasal dari golongan bawah yang tidak berpendidikan dan mengalami kesulitan dalam bidang ekonomi. Secara sosial mereka juga tidak mendapat perhatian. Namun demikian sebenarnya mereka bisa bangkit untuk mengatasi kelemahan diri, jika ada pihak-pihak yang peduli dan bersedia membantu. Seksi Sosial Paroki yang selama ini terlibat dalam pelayanan sosial berupa pemberian sembako dan makan sehat sebulan sekali merasa tergerak untuk membantu mereka meningkatkan kesejahteraan hidup. Karena itu, sasaran anggota saat awal adalah masyarakat di daerah sekitar gereja dan tukang becak yang setiap bulan menerima bantuan.

Kelak CU ini akan terbuka bagi masyarakat umum termasuk para pedagang pasar, pedagang kaki lima di alun-alun kota yang jaraknya hanya 1 km dari tempat pelayanan, buruh pabrik yang jumlahnya ribuan, paguyuban transportasi kecil (becak dan mikrolet) serta pedagang pracangan di rumah dan tepi jalan. Mereka tidak hanya diajak menjadi anggota namun mendapat dukungan yang bersifat teknis maupun non teknis, misalnya pelatihan, ajakan menabung, pinjaman modal, motivasi dan lain-lain.

Tim CU yang terdiri dari 8 orang, telah melakukan serangkaian pesiapan. Antara lain, menyeleksi calon pegawai, memberikan training calon pegawai di CU Sawiran, mempersiapkan sistem kerja, termasuk merenovasi bangunan, menyediakan perlengkapan kantor, sosialisasi dan pembukaan. Mereka akan mematangkan rencana operasional. Menurut rencana CU akan membuka pelayanan sebagai berikut, Senin-Jumat pukul 08.00 – 16.00 WIB dan Sabtu pukul 08.00 – 13.00 WIB.

Beberapa produk CU Cipta Mandiri menurut ibu St. Fenny Susilowati berupa, Tabungan Harian SKS (Simpanan Kebutuhan Sehari-hari), Tabungan Smart Kid (Tabungan untuk pelajar untuk memenuhi kebutuhan sekolahya) dan Tabungan Deposito berjangka dengan bunga menarik. Kelebihan CU Cipta Mandiri ialah, bisa menabung setiap hari mulai dari Rp.1000,-, tidak dikenakan administrasi bulanan 6 bulan pertama dan setelah 6 bulan biaya administrasi hanya Rp.1.000 / bulan. Hal ini dilakukan agar memungkinkan masyarakat ekonomi lemah tidak segan menabung. Terlebih karena lokasi yang mudah dijangkau (tengah kota) sehingga memungkinkan menabung setiap hari atau sesering mungkin. Bahkan tenaga operasional yang professional siap datang ke rumah anggota untuk memudahkan anggota menabung dan membayar angsuran. Semua itu ditujukan agar semakin banyak orang yang menjadi anggota dan dengan demikian semakin banyak orang yang hidupnya sejahtera.